TUGAS ETIKA BISNIS

ULASAN PADA IKLAN PENGEMBANG PROPERTI “SUMMARECON SERPONG”

KORAN KOMPAS, SELASA, 17 DESEMBER 2013

Perusahaan pengembang property ini mengunakan konsep “go Green dalam mengembangkan bisnisnya. Dimana konsep “go-Green” ini dipakai oleh perusahaan tersebut dalam mengembangkan bisnisnya baik pada arsitektur maupun kehidupan sosial.

Perusahaaan property ini mendesain produknya dengan konsep alami. Perumahan dengan fasilitas lengkap mulai dari Sekolah, Business Park, Apartemen, Food Village, universitas multimedia, dan suya Research dan education center. Dimana semua fasilitas yang ada dikembangkan dengan dasar-dasar lingkungan menjadi prinsip utamanya. Selain itu kluster-kluster perumahan dan bangunan di Summarecon Serpong mencerminkan gagasan “hijau”yang fungsional. Bahan bangunan yang digunakan berstandart ISO yang ramah lingkungan.

Sesuai dengan Etika Bisnis pada Buku pengantar Etika Bisnis pengarang K. Bertens Edisi Revisi, Iklan tersebut menganut teori tentang Utilitarianisme dimanateori tersebut berbunyi bahwa :

Utilitarianisme berasal dari kata latin utilis yang berarti bermanfaat.

Menurut teori ini suatu perbuatan adalah baik jika membawa manfaat, tapi manfaat itu harus menyangkut bukan saja satu dua orang melainkan masyarakat sebagai keseluruhan.  

 

Hal ini dapat dilihat dari kata-kata yang terdapat diiklan yaitu “Kami berkembang dengan tetap menghargai dan menjaga bumi serta perusahaan ini mengembangkan konsep usaha Go-Green. hal itu membawa manfaat paling besar bagi umat manusia sebagai keseluruhan, termasuk juga generasi-generasi  sesudah kita. Upaya pembangunan berkelanjutan (sustainable development) menjadi tanggung jawab moral kita.

Selain itu iklan ini bermaksud juga sebagai CSR (corporate social responsibility atau social responsibility of corporation) perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Program go-green yang dikembangkan bermaksud juga sebagai tanggung jawab moral perusahaan kepada masyarakat sekitar.

Hal itu sudah dibuktikan oleh perusahaan dengan mendapatkan penghargaan Green Company dan pemimpin pelestari bumi.

1007201416303510072014163034

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply